1. Aqua Splash Fruit
Credit : aswinmaschool.files.wordpress.com
Produk Aqua Splash fruit ini diluncurkan pada tahun 2004, Produk ini merupakan varian baru dan berbeda dengan air Aqua yang biasanya, Aqua Splash fruit ini merupakan jenis air dalam kemasan yang diberi perisa rasa buah dan penyimpanannya tak boleh sembarangan, karena harus dimasukan ke lemari pendingin. Ada dua varian rasa yang ditawarkan, yaitu rasa stroberi dan rasa orange-mango. Produk ini digadang-gadang untuk memperkuat posisi Aqua sebagai produsen minuman, namun sayangnya karena penerimaan konsumen akan produk yang kurang dan kurangnya sosialisasi dari perusahaan serta manfaat yang ditawarkan produk yang itu-itu saja, Produk Aqua splash fruit hanya bagus penjualannya di awal, dan selanjutnya produk ini perlahan hilang dari pasaran dan diganti dengan produk Aqua lain, yaitu Aqua Mizone yang diluncurkan tahun 2005 dengan dua varian rasa yaitu orange lime dan passion fruit. Tak seperti pendahulunya, Aqua Mizone berhasil sukses menggebrak pasar dan diterima luas oleh masyarakat indonesia hingga kini.
2. Mie Selera Rakyat
Credit : alam-pelajaran.blogspot.com
Mie selera rakyat ini dikeluarkan oleh perusahaan Grup Orang Tua (OT), mie instan ini pertama kali muncul setelah praktek monopoli terigu dihilangkan dan datang sebagai salah satu penantang indomie yang telah sukses di pasaran bersama merek lainnya seperti alhami, mie sedap, mie ABC dan lain-lain. Mie selera rakyat ini dikenal pas tahun 2000 awal hingga pertengahan 2000an, mie ini punya ciri khas dengan toping pangsitnya yang ane ketahui serta harganya yang murah. Rasa mie nya lumayan enak dan tak kalah rasanya dengan indomie yang telah menjadi market leader pasar mie instan. Penyebab hilangnya produk ini di pasaran dikarenakan kalah persaingan, serta faktor-faktor lainnya mulai dari target penjualan yang tidak melampaui target, banyak komplain dari konsumen, konotasi negatif masyarakat terhadap nama produk serta promosi yang tak mengubah share of mind dan share of heart masyarakat yang memilih produk mie instan jenis lain.
3. Mie Kare
Credit : alam-pelajaran.blogspot.com
Mie kare ini sama seperti mie selera rakyat yang dikeluarkan oleh Grup Orang Tua (OT). Mie ini menawarkan produk mie instan dengan bumbu karenya yang kental. Ane sendiri dulu sangat menyukai mie ini karena kuah karenya yang lumayan khas dan rasanya tak kalah dengan mie instan merek lainnya. Namun nasibnya pun sama dengan mie pendahulunya, mie selera rakyat yang tak berhasil bersaing di pasaran.
4. Tara nasiku
Credit : youtube.com
Masih ingat dengan produk nasi instan ini? Ane sendiri masih ingat dengan produk ini yang mulai muncul pas tahun 2000an awal, pas saat ane masih kecil. Produk tara nasiku ini dikeluarkan oleh perusahaan unilever sebagai produk inovasi dari nasi pada umumnya, yaitu nasi instan. Namun dalam perjalanannya produk nasi instan ini kurang diminati oleh masyarakat karena faktor rasanya dan juga faktor kebiasaan masyarakat indonesia yang memakan nasi yang tak bisa digantikan dengan nasi instan, dan akhirnya hilang dari pasaran. Produk nasi instan ini pun pernah dibuat oleh perusahaan garuda food namun nasibnya pun sama seperti produk tara nasiku yang hilang dari pasaran karena tidak banyak yang minat dengan produk nasi instan.
Demikian paparan tentang produk-produk yang menghilang dari pasaran, masih banyak produk-produk lain yang menghilang dari pasaran karena tak mampu bersaing dan tak mampu meraih hati banyak konsumen. Jika ada yang tahu produk lainnya yang hilang dari pasaran silahkan sampaikan ditambahkan di kolom komentar, dan sampai jumpa ditulisan berikutnya.
Sumber
0 Response to " Produk-Produk yang telah hilang dari pasaran"
Post a Comment